BAGI YANG PERDULI DENGAN KESEHATAN & PENGETAHUAN

Tuesday, March 30, 2010

Musik dan lagu relaksasi

Musik bagi manusia sudah menjadi kebutuhan, memang benar! Dan tidaj bisa dipungkiri.Bagi sebagian besar orang, musik adalah gaya hidup, identitas diri bahkan pandangan spiritual ( hah? Mungkin kalau yg ini agak sedikit berlebihan).
Gimana enggak, dengan musik, orang dapat mengkondisikan dirinya untuk sampai pada tingkat ”ketenangan jiwa”. Meditasi misalnya. Nah , tau gak, kalau musik tuh juga dapat digunakan untuk menghilangkan stress, beban fikiran jadi berkurang. Dan orang yang mendengarkannya bisa jadi rileks atau santai..Kayak lagu nya bang rhoma, santaaaiii...
Meskipun musik bisa didengarkan dimana dan kapan saja, musik juga punya perlakuan khusus bagaimana cara mendengarkannya..tentu dengan kondisi dan situasi tertentu yang mendukung.Pastinya, jika didengarkan secara tepat, alunan musik dapat menjadi ‘obat’ ampuh untuk menghilangkan stress.
misalnya LAGU RELAKSASI INI
Alunan musik diyakini juga bisa menghibur dan menenteramkan hati yang tengah resah karena mampu merangsang rasa bahagia yang dikirimkan oleh otak. Jantungpun akan berdetak sesuai irama lagu sehingga menimbulkan perasaan nyaman. Karena musik ternyata dapat berpengaruh pada ritme kehidupan dan situasi emosi loe. Maka mendengarkan musik dapat membuat loe relaks.
Misalnya lagu ini (dapat didownload secara gratis)LAGU RELAKSASI 1

Jenis musik yg umumnya dipakai dalam terapi relaksasi adalah music ‘new age’ dan ‘world music’. Musik jenis ini biasanya berupa komposisi yang panjang, berkelok-kelok dan memberi nuansa ‘mengembara’ yang seolah2 membawa kita ke the another world.
Mendengerkan musik jenis ini memang bisa memberikan efek tenang, kalem dan meditasi.
Nah, berikut beberapa tips untuk berelaksasi dengan musik supaya hasilnya optimal:

1. Pilih jenis musik yang tepat.
Pilihan jenis irama musik dan beatnya amat menentukan berhasil gaknya niat loe untuk menenangkan pikiran dan jiwa.
2. Dengar lewat speaker.
Bukan lewat earphone or headphone yg nemplok d kuping. Sebab dgn mendengarkan lewat speaker, tubuh juga ikut ‘mendengarkan’ seluruh sound, sepelan apapun yg keluar dan langsung direspon oleh badan loe.
3. Persiapkan diri untuk mendengar.
Lakukan sambil duduk bersila atau tiduran, lakukan dengan relax sembari mengatur pernafasan.

4. Dengar sampai akhir.
Dengarkan musik relaksasi dengan utuh, tanpa kepotong karena dapat mengganggu suasana emosi loe hingga gagal mencapai hasil yang maksimal.

5. Konsentrasi.
Musik untuk relaksasi sebaiknya didengarkan seksama tanpa melakukan aktivitas yang lain.
6. Butuh respons.
Kalau tubuh dan hati memberi respon dan menyuruh loe ikut bersenandung atau menari, bahkan sampai bikin loe tertidur, do that! Jangan cuma diam, ikuti saja ke mana emosi loe dibawa oleh lagu…

7. Nikmati kesunyian.
Setelah lagu selesai, coba deh nikmati kesunyian selama beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk menyatukan kembali perasaan dan emosi loe.
Nah, jika loe tertarik mencoba terapi dengan musik, silahkan mencoba tips diatas. [aa/fromfirsttothelast.multiply.com]

1 comment:

royansableng said...

nice information gan..

http://4kopisusu.blogspot.com